jump to navigation

Jangan Banyak Berharap Pada Pertemuan Xi-Obama January 9, 2014

Posted by Athiqah Nur Alami in Uncategorized.
trackback
Jakarta (Antara) – Pakar hubungan internasional Pusat Penelitian Politik LIPI, Athiqah Nur Alami, mengatakan masyarakat internasional sebaiknya tidak berharap banyak bahwa pertemuan puncak antara Presiden Xi Jinping dan Presiden Barack Obama dapat serta merta mengubah peta diplomatik global.”Jangan terlalu berharap banyak dengan pertemuan puncak besok, karena sebenarnya tujuan utama lebih ke pembinaan hubungan informal dan keserasian antara Presiden Xi dan Presiden Obama,” kata Athiqah saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat.

Athiqah menekankan bahwa pertemuan puncak yang berlangsung antara pemimpin tertinggi China dan Amerika Serikat tersebut tidak memiliki isu-isu yang teragenda secara konkrit serta tanpa tujuan akhir tertentu.

Ia juga melihat pertemuan puncak tersebut tidak memiliki tujuan untuk menyamakan perbedaan yang ada di antara kedua negara, melainkan lebih mengarah ke penekanan agar kedua belah pihak menghormati kepentingan nasional masing-masing.

“Itu juga diakui sendiri oleh Presiden Xi pada Maret 2013 lalu, ketika sejumlah pejabat AS berkunjung ke China, ia menekankan bahwa masing-masing negara harus saling menghormati kepentingan nasional satu sama lain,” kata dia.

“Presiden Xi sepertinya juga mencoba menekankan pendekatan yang bersifat saling menghormati, bahwa kedua negara bisa bekerja sama tanpa mengintervensi kepentingan satu sama lain,” ujarnya menambahkan.

Oleh karena itu, Athiqah tidak menutup kemungkinan adanya pembentukan kerja sama dalam kerangka ekonomi global di antara kedua negara selepas pertemuan tersebut.

“Kemungkinan kerja sama itu tetap ada. Ketika Maret itu, Xi lebih mendorong peningkatan hubungan bilateral kedua negara, selain juga membuka dialog keamanan,” ujarnya. (*)

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: