jump to navigation

Kosta Rika Pilih Presiden Wanita February 9, 2010

Posted by Athiqah Nur Alami in External Websites, International Relations, Women.
Tags: , , ,
trackback

Kosta Rika Pilih Presiden Wanita

Ikuti Jejak Nikaragua, Panama, Cile, Argentina

Selasa, 9 Februari 2010 | 03:37 WIB

San Jose, Senin – Kosta Rika telah memilih presiden perempuan pertama mereka dengan menangnya kandidat dari partai berkuasa secara telak. Laura Chinchilla menang setelah berkampanye untuk melanjutkan kebijakan pasar bebas di negara Amerika Tengah yang paling stabil itu.

Dengan sebagian besar suara dari pemilu hari Minggu itu telah dihitung, Laura Chinchilla unggul 22 poin dari saingannya yang paling dekat. Perolehannya 47 persen suara melewati 40 persen suara yang diperlukan untuk menghindari pemilu putaran kedua.

Chinchilla (50)— calon yang dipersiapkan oleh Presiden Oscar Arias, pemenang Nobel Perdamaian—berjanji menjalankan kebijakan ekonomi yang sama yang baru-baru ini membawa negara itu ke sebuah pakta perdagangan dengan AS dan membuka perdagangan dengan China.

”Hari ini kita membuat sejarah,” kata Chinchilla yang sebelumnya adalah wakil presiden dari Arias, setelah menyatakan kemenangan yang disambut sorakan gembira pendukungnya. ”Rakyat Kosta Rika telah memberi kepercayaan kepada saya, dan saya tidak akan mengkhianatinya.”

Saingan terdekatnya, Otton Solis dari Partido Accion Ciudadana, mendapatkan 25 persen suara. Dia dan saingan utama lainnya, Otto Guevara dari Partido Movimento Libertario, segera mengakui kekalahan.

Namun, tidak jelas apakah partai Chinchilla, Partido Liberacion Nacional, akan mendapatkan mayoritas di Kongres.

Analis Heather Berkman dari Eurasia Group mengatakan, pembentukan koalisi tanpa mayoritas akan menyebabkan tertunda atau terhalangnya pembaruan fiskal kontroversial untuk menyokong keuangan pemerintah.

Kandidat yang menduduki tempat ketiga, Guevara, memberikan selamat kepada Chinchilla dengan menyebutnya ”presiden kita”, tapi dia juga menunjukkan bahwa partainya yang menyerang pajak itu mempunyai kekuatan politik, dengan memperoleh 21 persen suara.

Dikenal karena stabilitas politiknya di kawasan yang kerap bergolak, Kosta Rika merupakan sebuah kisah sukses ekonomi di Amerika Tengah, dengan sebuah perekonomian yang berdasarkan pariwisata, produk manufaktur seperti mikrocip, dan ekspor kopi, nanas, dan pisang.

Kebijakan ekonomi Arias membantu melindungi Kosta Rika dari krisis ekonomi dunia, sementara dia tampil di panggung dunia sebagai negosiator dalam krisis politik Honduras setelah kudeta bulan Juni.

Para pengkritik pemerintah Arias mengatakan, kebijakan pemerintah itu melayani pengembang-pengembang besar untuk meningkatkan ekonomi dengan mengorbankan ekosistem negara itu yang ringkih.

Namun, sebagian besar orang enggan untuk mengguncang status quo di sebuah negara dengan gaji yang relatif tinggi, umur harapan hidup yang paling panjang di Amerika Latin, industri ekoturisme, dan angka melek huruf yang hampir 100 persen.

Menikah dan mempunyai seorang putra remaja, Chinchilla adalah seorang konservatif sosial yang menentang perkawinan sejenis dan aborsi, tetapi juga dipandang sebagai panutan kaum perempuan di negaranya.

Sebagai seorang presiden perempuan kala dilantik pada 8 Mei mendatang, Chinchilla mengikuti jejak empat presiden perempuan di Amerika Latin: Nikaragua, Panama, Cile, dan Argentina.

Alfredo Fernandez (77) mengatakan, dia selalu memberikan suara bagi Partido Liberacion Nacional, tetapi kali ini suaranya khusus.

”Adalah sebuah kehormatan untuk bisa mempunyai seorang presiden perempuan,” katanya.

Kosta Rika—yang tidak mempunyai militer dan menghindari perang saudara saat Perang Dingin yang melanda tetangganya—dikenal karena rendahnya kriminalitas, tetapi kini menjadi jalur transit geng narkoba.

Arias adalah warga Kosta Rika yang paling terkenal setelah mendapat Nobel Perdamaian karena membantu mengakhiri konflik gerilya Amerika Tengah.

(AP/Reuters/AFP/DI)

Sumber:

http://cetak.kompas.com/read/xml/2010/02/09/03373098/kosta.rika.pilih.presiden.wanita

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: